Sabtu, 31 Juli 2010

soal UN dari tahun 1989-2005

Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
1 . Yang dimaksud dengan atlas adalah ........
A . lukisan yang memuat unsur geo tertentu
B . gambaran permukaan bumi dengan bentuk sesungguhnya
C . lukisan bumi pada bidang datar dengan Skala tertentu
D . kumpulan gambar permukaan bumi dalam bentuk buku.
Kunci : D
Penyelesaian :
Atlas adalah kumpulan gambar permukaan bumi dalam bentuk buku.
2 . Kegiatan perekonomian utama Singapura adalah ........
A . pertanian
B . industri
C . perdagangan
D . perikanan
Kunci : C
Penyelesaian :
Singapura merupakan negara niaga dan menjadi salah satu pusat perdagangan penting di
dunia.
3 . Manfaat jenis barang tambang batu bara adalah ........
A . bahan bakar
B . bahan mentah logam
C . bahan bangunan
D . sumber bahan
Kunci : A
Penyelesaian :
Batu bara dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti minyak.
4 . Jenis perhubungan udara yang menghubungkan daerah terpencil di Indonesia Bagian Timur
adalah ........
A . Perinter
B . Domestik
C . Nusantara
D . Internasional
Kunci : A
Penyelesaian :
Jenis perhubungan udara yang menghubungkan daerah terpencil di Indonesia bagian timur
adalah perinter.
5 . Perhatikan tabel berikut !
Yang termasuk objek wisata alam adalah ........
A . 1, 2, 3
B . 1, 4, 6
C . 2, 3, 6
D . 4, 5, 6
Kunci : D
Penyelesaian :
Gunung tangkuban perahu, pantai pelabuhan ratu, dan puncak Bogor termasuk obyek
wisata alam.
6 . Urutan benua terluas yang benar adalah ........
A . Amerika, Afrika, Eropa, Australia, Asia
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 1
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
B . Asia, Amerika, Afrika, Eropa, Australia
C . Asia, Australia, Afrika, Amerika, Eropa
D . Afrika, Eropa, Asia, Amerika, Australia
Kunci : B
Penyelesaian :
Urutan benua berdasarkan luasnya :
1. Benua Asia
2. Benua Amerika
3. Benua Afrika
4. Benua Eropa
5. Benua Australia.
7 . Negara India bagian selatan berbatasan dengan negara ........
A . Pakistan
B . Nepal
C . Sri Langka
D . Bangladesh
Kunci : C
Penyelesaian :
India berbatasan dengan negara :
- Sebelah selatan negara Sri Langka
- Sebelah utara negara Nepal
- Sebelah timur negara Bangladesh
- Sebelah barat negara Pakistan
8 . Tujuan dari proyek Swendeerzea atau Polderisasi di negara Belanda adalah ........
A . sumber pembangkit listrik
B . menambah luas daratan
C . sirkulasi air untuk pertanian
D . tempat budidaya perikanan
Kunci : B
Penyelesaian :
Tujuan proyek Swendeerzea atau Polderisasi di negara Belanda adalah untuk menambah
luas daratan.
9 . Daerah pemukiman penduduk terdapat di negara Brazil terletak di sebelah ........
A . Timur
B . Selatan
C . Barat
D . Utara
Kunci : A
Penyelesaian :
Daerah terpadat penduduknya di negara Brazil terletak di sebelah timur.
10 . Benua yang dihubungkan oleh Samudra Atlantik adalah ........
A . Asia, Australia, Afrika
B . Amerika, Asia, Eropa
C . Amerika, Eropa, Afrika
D . Afrika, Eropa, Australia
Kunci : C
Penyelesaian :
Benua yang dihubungkan oleh Samudra Atlantik adalah benua Amerika, benua Eropa, dan
benua Afrika.
11 . Organisasi yang berada dibawah naungan PBB yang bergerak di bidang pangan
adalah........
A . ILO
B . WHO
C . UNICEF
D . FAO
Kunci : D
Penyelesaian :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 2
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
- FAO (Food Agriculture Organization) adalah organisasi pangan yang berada
dibawah naungan PBB.
- ILO (International Labour Organization) adalah Organisasi Buruh Internasional
- WHO (World Health Organization) adalah Organisasi Kesehatan Dunia
- UNICEF (United Nation Children's Fund) adalah Badan yang mengurusi dana
bagi Anak-anak dunia.
12 . Berikut ini yang bukan merupakan ciri kehidupan manusia purba masa berburu dan
mengumpulkan makanan adalah ........
A . Hidup sudah menetap
B . Food gathering
C . Hidupnya berpindah-pindah
D . Hidupnya bergantung pada alam
Kunci : A
Penyelesaian :
Ciri-ciri manusia purba :
- Food gathering
- Hidup berpindah-pindah
- Hidup bergantung pada alam
13 . Tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia diantaranya, adalah ........
A . mencari daerah rempah-rempah
B . membuktikan teori bumi bulat
C . mencari pasar di wilayah Asia
D . mencari bahan baku perindustrian
Kunci : A
Penyelesaian :
Mencari daerah rempah-rempah merupakan salah satu tujuan kedatangan bangsa Eropa
ke Indonesia.
14 . Revolusi Amerika meletus sebagai upaya bangsa-bangsa Inggris yang menjadi imigran di
Amerika Utara untuk ........
A . mempersatukan bangsa-bangsa Amerika
B . memisahkan diri dari pemerintah Amerika Serikat
C . memutuskan hubungan dengan pemerintah pusat di Inggris
D . memutuskan diri dari pemerintah pusat di Inggris dan hidup merdeka
Kunci : D
Penyelesaian :
Revolusi Amerika meletus sebagai upaya bangsa-bangsa Inggris yang menjadi imigran di
Amerika utara untuk memutuskan diri dari pemerintahan pusat di Inggris dan hidup
merdeka.
15 . Yang menjadi faktor penyebab khusus perang Diponegoro 1825-1830 adalah ....
A . rakyat sangat menderita dikarenakan pajak tinggi
B . pembuatan jalan yang melewati makam leluhur pangeran Diponegoro
C . Belanda ikut campur dalam urusan kerajaan Mataram
D . masuknya budaya barat pada keraton
Kunci : B
Penyelesaian :
Pembuatan jalan yang melewati makam leluhur pangeran Diponegoro merupakan faktor
khusus penyebab terjadinya perang Diponegoro yang berlangsung dari tahun 1825 sampai
tahun 1830.
16 . Di bawah ini merupakan faktor penyebab peristiwa Rengasdengklok adalah ........
A . perbedaan pendapat golongan tua dan pemuda mengenai Proklamasi Indonesia
B . perbedaan pendapat golongan tua dan Jepang mengenai janji kemerdekaan
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 3
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
C . perbedaan pendapat antara pihak Sekutu dan Jepang mengenai struktur Indonesia
D . peristiwa pembakaran kota Bandung oleh para pejuang
Kunci : A
Penyelesaian :
Pada tanggal 16 Agustus, karena terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan
golongan muda mengenai proklamasi kemerdekaan, maka terjadilah peristiwa penculikan
terhadap Bung Karno dan Bung Hatta yang dilakukan oleh para pemuda dan di bawa ke
luar kota yang terkenal dengan peristiwa Rengasdengklok.
17 . Di bawah ini merupakan hasil sidang PPKI tanggal 18-08-1945 adalah ........
A . mengesahkan dan menetapkan UUD 1945
B . pembagian wilayah R.I menjadi 8 propinsi
C . pembentukan 12 kementrian
D . Badan Keamanan Rakyat
Kunci : A
Penyelesaian :
Sehari setelah hari proklamasi, tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang.
Dalam sidang itu telah diputuskan :
1. Mengesahkan UUD, UUD ini sekarang dikenal sebagai UUD '45
2. Menetapkan Ir. Soekarno, Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden
3. Dalam masa peralihan ini presiden untuk sementara dibantu oleh komite nasional
18 . Latar belakang pertempuran Surabaya 10 November 1945 adalah ........
A . dikeluarkannya ultimatum oleh sekutu pada masyarakat Surabaya
B . sekutu menyerbu penjara R.I dan membebaskan perwira-perwira sekutu
C . penurunan bendera Belanda di Hotel Yamato oleh pemuda Surabaya
D . terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S Mallaby
Kunci : D
Penyelesaian :
Terbunuhnya Brigjen A.W.S Mallaby melatar belakangi peristiwa pertempuran Surabaya
10 November 1945.
19 . Pemilu I pada tanggal 29 September 1955 untuk memilih ........
A . anggota DPR
B . anggota Konstituante
C . anggota MPR
D . anggota Senat
Kunci : A
Penyelesaian :
Pemilu I tangga 29 September 1955 bertujuan untuk memilih anggota DPR.
20 . Arti penting dari dekrit presiden 5 Juli 1959 bagi bangsa Indonesia adalah ........
A . berlakunya kembali UUD 1950
B . berlakunya kembali UUD 1945
C . berlakunya kembali konstitusi RIS
D . berlakunya kembali Demokrasi Liberal
Kunci : B
Penyelesaian :
Isi dari dekrit Presiden pada tanggal 5 juli 1959 adalah :
- Pembubaran konstituante
- Kembali pada UUD 1945
- UUD 1950 tidak berlaku lagi.
21 . Salah satu syarat modal dasar pembangunan Nasional Indonesia adalah ........
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 4
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
A . Repelita
B . kestabilan nasional
C . jumlah penduduk yang besar
D . penyebaran pembangunan
Kunci : B
Penyelesaian :
Kestabilan nasional yang mantap merupakan salah satu syarat modal dasar pembangunan
Nasional Indonesia.
22 . "People of Power" membawa pengaruh besar terhadap negara lain di luar Philipina
yaitu........
A . sering terjadi infiltrasi ke negara lain
B . sering terjadi perubahan kekuasaan ke negara lain
C . munculnya partai oposisi yang tunggal sebagai hasil dari difusi
D . suara rakyat mulai di perhitungkan oleh penguasa suatu negara.
Kunci : D
Penyelesaian :
Poeple of Power membawa pengaruh besar terhadap negara lain di luar Philipina yaitu
suara rakyat mulai diperhitungkan oleh penguasa suatu negara.
23 . Di bawah ini yang termasuk daftar kebutuhan manusia menurut tingkatnya adalah ........
A . sekarang, makanan, yang akan datang
B . minuman, makanan, tersier (mewah)
C . primer, sekunder, tersier (mewah)
D . makanan, kendaraan, perumahan.
Kunci : C
Penyelesaian :
Primer, sekunder, tersier adalah kebutuhan manusia menurut tingkatannya.
24 . Dari pernyataan berikut, makna prinsip ekonomi yang tepat adalah ........
A . sekarang yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi
B . faktor manusia melakukan tindakan ekonomi
C . pedoman yang menjadi dasar dalam kegiatan ekonomi yang berpegang pada azas
dengan pengorbanan tertentu mendapat hasil maksimal
D . Modal manusia dalam melaksanakan segala tindakan ekonomi
Kunci : C
Penyelesaian :
Makna prinsip ekonomi yang tepat adalah pedoman yang menjadi dasar dalam kegiatan
ekonomi yang berpegang pada asas dengan pengorbanan tertentu mendapat hasil
maksimal.
25 . Peranan pasar bagi konsumen adalah sebagai tempat untuk ........
A . memperkenalkan hasil produksi
B . menjual hasil produksi barang/jasa
C . mendapatkan barang yang dibutuhkan
D . membuka kesempatan kerja bagi masyarakat
Kunci : C
Penyelesaian :
Peranan pasar bagi konsumen adalah sebagai tempat untuk mendapatkan barang yang
dibutuhkan.
26 . Ada beberapa sistem perekonomian yang kita kenal di dunia, Indonesia menganut sistem
perekonomian ........
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 5
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
A . sistem kapitalis/liberal
B . sistem demokrasi pancasila
C . sistem demokrasi sosial
D . sistem campuran
Kunci : D
Penyelesaian :
Dalam perekonomian Indonesia menganut sistem campuran.
27 . Di bawah ini yang termasuk permodalan koperasi dari dalam adalah ........
A . simpanan pokok, simpanan wajib
B . simpanan pokok, simpanan wajib, tabungan, pinjaman
C . simpanan pokok, tabungan anggota, pinjaman hibah
D . simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, dan cadangan
Kunci : D
Penyelesaian :
Modal koperasi yang berasal dari dalam :
- Simpanan pokok
- Simpanan wajib
- Simpanan sukarela
- Cadangan
28 . Diantara pajak yang pembayarannya dapat dialihkan kepada orang lain disebut ........
A . pajak langsung
B . pajak daerah
C . pajak tidak langsung
D . pajak bumi dan bangunan
Kunci : C
Penyelesaian :
Pajak tidak langsung adalah pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak akan tetapi jumlah
pajak yang telah dibayarkan itu dapat digeser ke pihak lain secara tidak langsung.
Contoh jenis pajak tidak langsung :
1. Pajak Penjualan (PP)
2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
3. Pajak impor
4. Cukai untuk barang-barang tertentu seperti rokok, gula, beras, dan sebagainya.
29 . Untuk mempercepat tujuan pembangunan, maka pemerintah perlu mengatur pertumbuhan
penduduk melalui ........
A . peningkatan produksi pertanian
B . keluarga berencana
C . transmigrasi
D . proyek padat karya
Kunci : B
Penyelesaian :
Keluarga berencana merupakan usaha pemerintah untuk mengatur pertumbuhan penduduk.
30 . Meningkatkan kemandirian perekonomian nasional dan meningkatkan daya tahan
perekonomian nasional merupakan arah dan tujuan pembangunan sektor ........
A . pertanian
B . perdagangan
C . transportasi
D . industri
Kunci : D
Penyelesaian :
Meningkatkan kemandirian perekonomian nasional dan meningkatkan daya tahan
perekonomian nasional merupakan arah dan tujuan pembangunan sektor industri.
31 . Dana yang tersimpan di bank yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk melakukan
pembayaran di sebut dengan ........
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 6
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
A . uang kertas
B . uang giral
C . uang kartal
D . uang logam
Kunci : C
Penyelesaian :
Uang yang beredar dalam masyarakat pada dasarnya terdiri dari atas dua macam :
1. Uang Kartal, adalah uang yang setiap hari kita gunakan dan telah ditetapkan
pemerintah melalui undang-undang sebagai alat pembayaran yang sah.
Uang kartal dikeluarkan oleh Bank Sentral (Bank Indonesia).
Uang kartal terdiri dari dua jenis yaitu uang logam dan uang kertas.
2. Uang Giral, adalah uang yang tidak berbentuk dan merupakan saldo tagihan
di bank atau rekening koran yang sewaktu-waktu dapat diambil dan digunakan
sebagai alat pembayaran yang sah. Pembayaran dengan uang giral dapat dilakukan
dengan menggunakan cek, bilyet, giro dan pemindahan telegrafis.
32 . Bank yang bertugas untuk membimbing pelaksanaan kebijaksanaan keuangan pemerintah,
mengkoordinir dan mengawasi seluruh bank adalah ........
A . Bank sirkulasi
B . Bank sentral
C . Bank Umum
D . Bank Pembangunan
Kunci : B
Penyelesaian :
Tugas-tugas Bank Sentral (BI), yaitu:
a. Mencetak dan mengedarkan uang kertas maupun uang logam
b. Mempertahankan stabilitas/nilai uang rupiah
c. Mengatur jumlah peredaran uang/laju inflasi
Maka Bank Sentral bertugas untuk membimbing pelaksanaan kebijaksanaan keuangan
pemerintah, mengkoordinir dan mengawasi seluruh bank.
33 . Lembaga keuangan di bawah ini yang termasuk lembaga keuangan bukan bank adalah
........
A . Bank Rakyat Indonesia
B . Bank Pembangunan Indonesia
C . Asuransi
D . Bank Tabungan Negara
Kunci : C
Penyelesaian :
Yang termasuk lembaga keuangan nonbank, yaitu KOSIPA, Pegadaian, asuransi, dan
dana pensiun. Tujuannya tidak mencari keuntungan sebesar-besarnya.
34 . Perdagangan antar negara banyak manfaatnya, dari ungkapan berikut mana yang termasuk
manfaat perdagangan antar negara? ........
A . terpenuhinya kebutuhan suatu negara
B . adanya perbedaan idiologi antar negara
C . kwalitas barang yang diekspor tidak memenuhi syarat
D . terjadinya monopoli perdagangan oleh negara maju
Kunci : A
Penyelesaian :
Salah satu manfaat perdagangan antar negara adalah terpenuhinya kebutuhan suatu negara
35 . Di bawah ini yang tidak termasuk sumber perolehan devisa negara adalah ........
A . ekspor barang
B . impor barang
C . bantuan luar negeri
D . pariwisata
Kunci : B
Penyelesaian :
Sumber devisa bagi negara adalah :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 7
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
- Devisa penjualan atau ekspor ke luar negeri
- Devisa dari peminjaman serta penanaman modal
- Devisa dari pariwisata
- Devisa jasa angkutan
- Devisa hasil keuntungan organisasi ekonomi yang membagi keuntungan
dengan Indonesia.
Sedangkan impor barang bukan merupakan sumber devisa.
36 . Harga jual sebuah meubel yang diterima oleh penjual Rp. 160.000,00,- Biaya pemasaran
yang dikeluarkan sebesar Rp. 15.000,00,- maka ........
A . harga pokok Rp 145.000,00,-
B . harga jual kotor Rp 175.000,-
C . harga jual bersih Rp 145.000,-
D . harga jual bersih Rp 175.000,-
Kunci : A
Penyelesaian :
Harga jual Rp.160.000,00,- Biaya pemasaran Rp. 15.000,00,- maka harga pokoknya Rp.
145.000,00,
37 . Irman mempunyai tabungan sebesar Rp. 4.000.000,00,- yang ditabung di bank selama 18
bulan, jika bank memberi bunga 12% pertahun, maka bunga yang diterima Irman
adalah........
A . Rp 700.000,-
B . Rp 720.000,-
C . Rp 72.000,00,
D . Rp 740.000,00,
Kunci : B
Penyelesaian :
M = Rp. 4.000.000,-
P = 12 % = 0,12
L =18 bulan = 1,5 tahun
Bunga yang diterima Irman = M x P x L
= 4000000 x 0,12 x 1,5
= Rp 720.000
38 . Penduduk Indonesia jumlah usia muda lebih besar daripada usia tua digambarkan dalam
bentuk piramida ........
A .
B .
C .
D .
Kunci : A
Penyelesaian :
Karena usia muda lebih besar daripada orang tua maka bentuk piramida yang benar :
39 . Perhatikan peta berikut ini !
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 8
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
Daerah penghasil intan ditunjukkan dengan nomor ........
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
Kunci : A
Penyelesaian :
Daerah penghasil intan di Kalimantan adalah Martapura.
1. Martapura 3. Balikpapan
2. Sangau 4. Tenggarong
40 . Perhatikan peta berikut !
Lokasi industri semen gresik ditunjukkan oleh nomor ........
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
Kunci : C
Penyelesaian :
1. Cianjur 3. Gresik
2. Majalengka 4. Jember
41 . Perhatikan peta berikut ini !
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 9
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
Negara Mesir pada peta ditunjukkan oleh huruf ........
A . U
B . F
C . S
D . T
Kunci : B
Penyelesaian :
F. Mesir U. Tanzania
T. Zaire S. Afrika Selatan
42 . Perhatikan peta berikut !
Kerajaan islam Samudra Pasai pada peta di atas ditunjukkan oleh nomor ........
A . I
B . II
C . III
D . IV
Kunci : A
Penyelesaian :
Kerajaan Samudra Pasai terletak di Aceh di tepi Selat Malaka.
43 . Lihat peta !
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 10
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
Daerah-daerah yang berwarna biru pada peta di atas menunjukkan wilayah kekuasaan
Republik Indonesia menurut hasil perundingan ........
A . Renville
B . KMB
C . Linggarjati
D . Roem Royen
Kunci : C
Penyelesaian :
Salah satu hasil dari Perjanjian Linggarjati adalah wilayah Indonesia meliputi pulau Jawa,
Madura dan Sumatera.
44 . Perhatikan bagan di bawah ini !
Yang merupakan komoditas perdagangan para pedagang China ditunjukkan pada
nomor........
A . I
B . II
C . III
D . IV
Kunci : D
Penyelesaian :
Komoditas perdagangan China antara lain kain sutra, porselin, batu giok.
45 . Perhatikan tabel di bawah ini !
Dalam tabel di atas yang termasuk organisasi militer bentukan Jepang ditunjukkan oleh
nomor ........
A . 1, 2, 4, 5
B . 2, 3, 4, 5
C . 1, 3, 4, 6
D . 3, 4, 5, 6
Kunci : C
Penyelesaian :
Organisasi militer bentukan Jepang adalah Peta, Heiho, Jawa Hokokai, dan Syuinsintai.
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Sosial/Tahun 2005 11

Jumat, 30 Juli 2010

SEJARAH PENDIDIKAN DARI MASA PURBA SAMPAI MODERN

1. PENDIDIKAN TIONGKOK PURBA
Isi Cerita :
Kebudayaan bangsa Cina berkembang dengantidak kena pengaruh kebudayaan luar. Unsur kebudayaan asing yang masuk tidak mengurangi keaslian kebudayaan Tiongkok.Pendidikan dan pengajarannya mempunyai cirri-ciri khas, yang berbeda dengan ciri-ciri pendidikan di negara Timur lainnya, seperti (a) Masalah pendidikan tidak dihubungkan dengan agama tetapi dengan tradisi dan kehidupan praktis. Orang Cina memuja arwah nenek moyang, sehingga tidak percaya dengan adanya Tuhan.Yang diutamakan adalah Negara (b) Tujuan pendidikannya: mendidik kepala-kepala keluarga yang baik , suami setia, anak yang patuh, pegawai yang rajin, warga negara yang jujur dan rela bakti, raja-raja yang arif dan dijaksana, tentara yang gagah berani.Sedangkan bagi kaum perempuan kurang mendapat penghargaan. Tiongkok purba meganut ajaran Patriacal marga yang digunakan garis Ayah.
Penyelenggaraan pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu (a) Pendidikan dirumah:Mulai umur 6 tahun anak-anak telah mendapatkan pelajaran dari Guru yang didatangkan ke rumah.Biasanya dari keluarga bangasawan dan pegawai tinggi. Materi pelajaran berhitung dan ilmu bumi. (b) Pendidikan di sekolah: Anak-dikrim kesekolah bila umur mencapai 10 tahun. Sekolah memberi pelajaran berhitung, menulis, membaca, musik, menari. Diutamakan menulis.
Tujuan pendidikan dan cita-cita hidup Tiongkok mendapatkan pengaruh kuat dari: ajaran-ajaran dua ahli pikir besar yakni: Konfusius dan Lao Tse
2. PENDIDIKAN INDIA PURBA
Isi Cerita :
Kehidupan orang India dibatasi dengan kepercayaan kepada Dewa dan ditentukn dalam tingkat pembagian 4 kasta yaitu: Kasta Brahmana, Kasta Ksatria, Kasta Waisya, Kasta Sudra.Keadaan masyarakat purba sebagian besar masih kekurangan dan miskin, kurang mendapat perhatian dari raja. Penduduk India juga masih buta huruf, mengakibatkan tidak mendapat pendidikan untuk membangun bangsa dan dididik menjadi pegawai negeri murahan. Tagore menyatakan Pendidikan Sejati adalah dengan pendidikan asrama, sistem ini adalah sistem pendidkan kaum Brahmana dan dilaksanakan di tempat sunyi. Munculnya para Intelektual, mengenal sistem pendidikan dengan sistem “guru kula” yang dilakukan oleh tokoh pendidikan India purba yang mepunyai pengaruh besar dalam kemajuan India.Materi pengajaranpunberpusat dari keagamaan, Weda sebagai pusat pendidikan.Adapun, Tagore berkeinginan agar anak-anak/murid belajar mengadakan penyelidikan dan pecobaan sendiri(Inquiry)dan dengan hidup bekerja dialam bebas, maka anak akan mempunyai pengalaman langsung dengan penyelidikanyang dialami. Dalam hal agama, Tagore juga menyatakan bahwa agama yang dipelajari adalah agama suasana,ajaran agamanya tidak hanya Hindu tetapi juga ada agama Kristen, Katolik, Islam, Budha.Namun dalam tokoh-tokoh yang peduli terhadap kekurangan yang ada dalam masyarakat, mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kelemahan, diantaranya: Jabatan yang diduduki adalah turun temurun sehingga masyarakat rendah walupun memiliki kemampuan dalam lembaga tidak diperbolehkan, adanya perbedaan kasta,kulit bangsa dan agama, pendidikan wanita tidak diperhatikan hal ini disebabkan karena wanita dianggap kelas dua, maka tidak perlu, tapi bagi penari kuil mendapat pendidikan Karena penari kuil perlu dididik dalam mengikuti irama persembahan Dewa-dewi namun jika tidak memiliki pendidikan maka persembahan tidak akan sempurna. Untuk mengatasi hal itu ,maka pada waktu tertentu menyuruh muridnya yang telah dibina pergi kedesa untuk memberantas buta huruf dan memberikan penerangan yang berguna serta memberikan bimbingan pada buruh kecil dan kasta rendah disekolah petang.
Dalam hal sumbangan pendidkan India Purba oleh Tagore; mendirikan universitas, sekolah, mendirikan pula Panti Kemakmuran dan Universitas Visva Bharati. Menurut Rabindranat Tagore, seorang pendidik di India bercita-cita persaudaraan sedunia, pembaharuandalam lapangan sosial. Sayid Ahmad Khan mempunyai pengaruh dalam pendidikan India Purba tentang agama Islam; mewujudkan masyrakat Islam modern dan mendirikan universitas Islam di India.

3. PENDIDIKAN HINDU BUDHA
Isi Cerita:
1. Keadaan masyarakat Indonesia sebelum kedatangan Hindu-Budha, masih bersifat maritime, karena adanya jalur perdagangan meleui laut sebagai sumber pendapatan.
• sistem kepercayaan: animisme dan dinamisme
animisme berkaitan dengan roh nenek moyang, bahwa roh nenek moyang bersemayam dalam benda-benda tertentu, sedangkan dinamisme percaya akan kekuatan/hal-hal gaib.
• kehidupan sosial, bersifat kebersamaan. Ketua adat menjalankan fungsinya memimpin upacara keagamaan.
• Keadaan pendidikan, umumnya dilakukan pada keluarga, dengan ayah dan ibu sebagai pendidik.Terdapat juga pande besi dan dukun keduanya bergelar empu, dianggap mempunyai kecakapan istimewa.Sementara muridnya disebut cantrik yaitu belajar dan sekaligus mengabdi pada sang Guru.Tujuan pendidikan adalah anak-anak yang kelak dapat memegang kekuasaan dalam masyrakat sebagai manusiayang mempunyai kecakapan istimewa.
2. Proses masuknya Hindu-budha
Melalui perdagangan yaitu bertemunya para pedagang dari India dengan pedagang Indonesia dan Cina.Hubungan berlanjut tidak hanya dalam
hubungan dagang melainkan terjadi pula perkawinan, pendidikan. Awal kehidupan masyarakat gotong-royong, tetapi setelah orang Hindu dating, masyrakat berubah menjadi feudal. Masuknya kebudayaan Budha di Indonesia dapat diketahui dengan adanya berita-berita dari I-tsing bahwa letak Sriwijaya didaerah katulistiwa dan diperkuat dengan bangunanstupa didaerah Muara Takus pada abad ke-7. Dalam perkembangan kemudiaan menjadi pusat ziarah pemeluk agama Budha.

3. Pandangan Hindu-Budha terhadap Pendidikan
Bahwa pendidikan lebih diarahkan pada praktek hidup sehari-hari sesuai dengan ajaran Hindu-Budha. Tujuan pendidikan Hindu adalah untuk mencapai kebahagian/kesempurnaan secara mistik, yang dijarkan moksa: pembebasan atau pelepasan abadi yaitu terbebasnya roh dari badan jasmani.Model yang dijarkan adalah guru kula. Pusat pengetahuan yaitu: (a) Reg Weda (b) Sama Weda (c) Athara Weda (d) Yajur Weda.Sedangakan pendidikan Budha seperti Hindu yaitu model guru kula. Guru dianggap sebagai yang mendekati Bodhisatwa. Orang berlaku baik harus menempuh 8 jalur keutamaan untuk mencapai kesempurnaan.Pemeluk agama Budha ada 2 macam: Bhiksu dan bhiksuni serta upasaka dan upasika.
Pendidikan dalam Budha lebih bersifat terbuka, tidak ada kasta. Semua lapisan masyarakat boleh mendapat pendidikan.
4. Sumbangan Hindu-Budha terhadap Pendidikan
Nampak dalam model Guru kula. Hal ini mengakibatkan hubunga internsif
Antara guru dan siswa. Selainmendapatkan ajaran agama juga pengalaman hidup bersama yang baik, sehingga siswa dapat berprilaku baik dan benar terhadap sesamanya sesuai dengan ajaran
4. PENDIDIKAN PADA MASA ISLAM (LANGGAR)
Isi Cerita:
Islam memandang pendidikan sebagai kebutuhan hidup manusia secara mutlak harus dipenuhi, demi untuk mencapai kesejahteraan dan kebhagiaan dunia dan akherat. Agama Islam merupakan agama akal dan agama Ilmu; mempergunakan akal dan Ilmu pengetahuan; membedakan baik dan salah; menyelami hakekat alam serta dapat menganalisa segala pengalaman dilami umat masa lalu.Pendidikan Islam membentuk pribadi manusia utuh, mengamalkan ajaran Al-Quran dan Al-Hadishdalam hidup bermasyarakat.
Bentuk pendidikan Islam pertama adalah pendidikan Langgar atau surau. Surau adalah semacam masjid dalam skala kecil,berfungsi sebagai penyempurnaan pendidikan dalam keluarga. Materi yang diajarkan rukun Islam dan Iman, membaca Al-Quran, membaca Iqro dan tentang tuntunan Shalat.Metode yang digunakan adalah metode sorogan yaitu anak-anak duduk bersila tanpa bangku. Lama menempuh kurang lebih 1 tahun.Dalam perkembangan pendidikan Langgar dalam bentuk TPA.
Kelebihan pendidikan Langgar adalah
a. Menanamkan sedini mungkin tentang tata cara hidup secara Islam
b. Menanamkan kedisiplinan sikap dan moral anak sejak dini
c. Meningkatka keimanan dan ketakwaan anak didik
Kelemahan pendidikan Langgar adalah
a. Tidak adanya kurikulum, sehigga dalam pelaksanaan kurang terorganisir
b. Kurang sarana-prasaranadalampelaksanaan pendidikan bersifat sederhana
c. Guru kurang mendalami nilai-nilai ajaran Islam, mengakibatkan salah persepsi dalam penyampaiannya, sehingga kelak menimbulkan fantisme pada anak didik setelah anak didik masuk dalam lingkungan masyarakat.

Sumbangan Pendidikan Langgar adalah
Pendidikan langgar sebagai dasar untuk penyempurnaan dalam pendidikan Al-Hadist, figih ibadah, bahasa arab, dan studi Islam yang dijarkan pendidikan formal saat ini.Seperti Madrasah Ibtidaiyah, madrasah Tsanawiyah, Perguruan tinggi swasta Islam (UII, IAIN Sunan Kalijaga, UAD). Metode Sorogan yang dipakai di Langgar anak akan lebih mudah mengerti apa yang disampaikan Guru.
5. PENDIDIKAN PESANTREN
Isi Cerita:
Pesantern merupkan lembaga pendidikan Islam tertua, berfungsi sebagai salah satu benteng pertahanan umat Isalam, pusat dakwah, pusat pengembangan masyarakat muslim di Indonesia.Pesantren mempunyai kekhususan tersendiri yaitu santri atau murid tinggal bersama kyai atau guru dalam satu kompleks tertentu yang mandiri, sehingga dapat menumbuhkan kemampuan mengelola kekhasannya seperti:
a. Adanya hubungan akrab antara santri dan kyai
b. Santri taat dan patuh pada kyai
c. Santri hidup secara mandiri dan sederhana, terlatih hidup disiplin dan menahan hawa nafsu dengan berpuasa serta mengasingkan diri ketempat sunyi.
Pendidikan dan pelajaran ketrampilan di pesantren ditambahkan dengan pertukangan, pertanian, peternakan untuk memberi kemampuan lebih dalam bersosialisasi dalam masyarakat. Pesantren mendapat bantuan dari pemerintah Pusat sampai Daerah sampai muncul Pondok Karya Pembangunan(PKP), Pondok Modern. Islam Center.
Asas-asas pendidikan diterapkan di Pesantren diantaranya:
(a)kebijaksanaan (b) bebas terpimpin (c) mandiri (d) kebersamaan (e) hubungan guru, santri, orangtua, dan masyarakat (f) kemampuan diri sendiri (g) sederhana (h) metode pengajaran khas (i) ibadah.
Ciri pokok untuk mengenal pendidikan pesantren diantaranya:
a. Pondok
b. Masjid
c. Pengajaran kitab klasik
d. Santri (Santri mukim dan santri kalong)
e. Para santri yang belajar dalam satu pondok biasanya memiliki rasa solidaritas dan kekeluargaan yang kuat baik antara sesama santri maupun Kyai.

Sumbangan Pendidikan Pesantren Bagi Pendidikan di Indonesia
Pesantren berusaha membentuk iman umat manusia menjadi lebih kuat, meningkatka iman dan takwa, membina akhlak mulia, mengembangkan swadaya masayarakat Indonesia, ikut mencerdaskan kehidupan bangsamelalui pendidikan formal, non formal, formal.Pondok pesantren terkenal sejak jaman Hindia Belanda di Pulau Jawa ataupun Luar Jawa, antara lain: Pesanterm Tebuireng di Jombang, Pesantren Wonokoyo, Pesantren Siwalan Panji di Sidoarjo,dll.
6. PENDIDIKAN MASA PORTUGIS DAN SPANYOL
Isi Cerita:
Orang portugis datang ke Indonesia dibarengi oleh misionaris, dengan tugas menyebarkan agama Nasrani dikalangan penduduk Indonesia. Dengan mendirikan Seminari seperti Guru kula. Sebagai peletak dasar adalah Fransiscus Xaverius dari agama katolik di Indonesia. Hal yang diajarkan membaca, menulis, menghitung. Portugis dan Spanyol mengacu pada Injil untuk menghasilkan Seminaris pribumi, agar para seminaris dapat mengajarkan agama katolik pada masyarakat.Maka pada tahun 1536 didirikannya orang Ternate sebuah seminarie yang merupakan sekolah agama bagi anak-anak orang terkemuka. Di Solor mempunyai 50 orang murid dengan ajaran bahasa latin.
Hambatan yang dialami Portugis dan Spanyol dalam mengembangkan pendidikan, diantaranya:
* Pribumi belum bisa membaca dan menulis
* Misionaris harus bisa menyesuaikan dengan bahasa setempat, karena Misionaris masih menggunakan bahasa latin.
• Kebudayaan Pribumi masih rendah(Animisme, Dinamisme) sedangkan Kebudayaan barat menganggap paling tinggi, sehingga kebudayaan pribumi yang rendah perlu pembenahan oleh kebudayaan barat yang sudah terorganisir.
Tanggapan pribumi terhadap kekuasaan portugis dan Spanyol:
Awalnya menerima karena tujuan hanya berdagang, namun lama-kelamaan tujuan mereka kemudiaan monopoli perdagangan dan juga adanya proses kristenisasi.
Hal ini tidak diterima Sultan Ternate/Tidore. Pribumi menolak dan mengadakan perlawanan di Benteng Portugis maupun Spanyol.



7. PENDIDIKAN MASA VOC di INDONESIA
Isi Cerita:
Munculnya sekolah Kristen pada masa VOC yaitu menggantikan pengaruh Portugis dan Spanyol dengan misi menyebarkan pengaruh agama katolik. Belanda kemudiaan menanamkan pengaruh berupa agama Kristen protestan, yang bertjuan mensosialisasikan dan memberitahukan mengenai seluk beluk agama Kristen, sehingga orang pribumi menjadi tertarik untuk masuk menjadi Kristen Protestan.Tenaga pengajar diambil dari pendeta-pendeta saat itu.
Pelaksanaan Pendidikan masa VOC, dengan latar belakang agama Kristen. Materi yang diajarkan berupa menulis dan cara-cara sembahyang. VOC mengangkat guru yang merupakan orang Belanda dengan bayaran 218 untuk setiap bulan. Belanda membuka sekolah pertama didaerah Ambon pada tahun 1607.Perkembangan selanjutnya adanya pengiriman anak kepala /tokohmasyarakat Ambon untuk memperoleh pendidikan Guru di negeri Belanda, sehingga sekembalinya ke Indonesia dapat menggantikan tenaga Guru dari Belanda. Bahasa pengantar dalam kegaiatan pembelajaran awalnya bahasa Belanda sebagai bahsa pengantar, namun timbul kesulitan anak kurang menguasai bahasa belanda,maka ditetapkan bahasa Melayusebagai bahasa pengantar disekolah dan gereja.Jenis pendidikan VOC diantaranya: pendidikan dasar, sekolah latin, seminarium theology, akademi pelayaran, sekolah cina.
Dampak positif dari adanya sistem pendidikan VOC yaitu rakyat Indonesia dapat mengenal berbagai jenis pengetahuan yang lebih luas. Mengenai membaca, menulis, berhitung, dan pengetahuan umum. Dan juga bertambah berdiri sekolah terus berkembang sampai sekarang.Sedangkan dampak negatif, berupa sistem pendidikan yang dijalankan VOC adanya sistem diskriminasi yang diberlakukan pihak kompeni dengan melakukan pembatasan sangat tegas antara penduduk bumi putera dengan golongan asing.


8. PENDIDIKAN MASA KOLONIAL BELANDA
Isi cerita:
Lembaga pendidikan yang didirikan Belanda dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Lembaga pendidikan untuk golongan Eropa(Belanda), yaitu
a. Sekolah Pendidikan Dasar (Europeesche Large School) ELS, dibuka pertama kali di Jakarta 24 februari 1817 dan berkembang pada tahun 1820.Materi yang diajarkan menulis, membaca, berhitung, bahasa Belanda,sejarah dan ilmu bumi.
b. Pendidikan Menengah dan Lanjutan (Horgere Burger School atau HBS). Sebelumnya bernama Gymnasium Willem III dibuka di Batavia tahun 1860, yang merupakan sekolah lanjutan pertamabagi anak Eropa, dengan lama belajar 3 tahun. Dalam perkembangannya berubah nama menjadi HBS dengan lama belajar 5 tahun.
2. Lembaga pendidikan bagi orang pribumi, yaitu
Pada masa pemerintahan Belanda, rakyat Indonesia menderita akibat tanam paksa. Belanda ingin agar tanam paksa ini mendatangkan untung besar agar dapat memperbaiki ekonomi negeri Belanda. Adapun Lemabaga pendidikan diantaranya:
a. Sekolah Dasar Negeri, didirikan di Jepara dan Pasuruan, tahun1849. Bahasa pengantar yang digunakan bahasa melayu. Kemudiaan
b. mengalami perkembangan, dan Sekolah Dasar Bumi Putera dibagi 2 yaitu:

• Sekolah dasar Kelas Satu( De School der Ersete Klasse), yang bertujuan memnuhi kebutuhanakan pegawai pemerintahan, perdagangan, perusahaan
• Sekolah Dasar Kelas Dua (De Schoolen der tweede Klasse), bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat umum.
c. Sekolah Raja(Hoofdenschool), didirikandi Tonadano tahun1865, diBandung, Magelang, Porbolinggo tahun 1878. Bertjuan untuk mendidik calon pegawai bumi putera untukkepentinganadministrasi pemerintahan Belanda.
Dalam penyelenggaraan pendidikan adalah
1. pengadaan bangunan sekolah
2. Penyusunan kelas
3. Isi rencana pelajaran:
a. Mata pelajaran berhitung
b. Mata pelajaran mengukur tanah
c. Menggambar dan ilmu pertanian.
4. Murid-murid
5. Tenaga Guru
6. Pengawasan pengajaran
Tujuan pendidikan Pada masa Kolonial Belanda:
Pendidikan dimaksudkan untuk mencetak tenaga terdidik dengan biaya murah dapat digunakan sebagai alat untuk memperkuat kedudukan penjajah , mengabdi kepentingan Belanda
9. PENDIDIKAN MASA POLITIK ETIS di INDONESIA
Isi Cerita:
Pendidikan merupakan awal dari kesejahteraan suatu bangsa. Van Deventer berpendapat bahwa pendidikan merupakan hal penting untuk membalas budi terhadap kebaikan Bangsa Indonesia, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat sehingga mempunyai pengetahuan dan wawasan luas tentang penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.Politik etis ini juga tidak terlepas dari kepentingan kolonial Belanda.
Adapun faktor pengahambat pendidikan adalah
a. Bahasa
Dalam penyampaiannya menggunakan Bahasa Belanda, orang pribumi sendiri tidak bisa menangkap bahasa yang digunakan Belanda.
b. Kekurangan Tenaga Guru
Karena banyak sekolah rendah, maka tenaga Guru dibutuhkan semakin banyak
c. Sistem Kurikulum
Belanda membedakan pada tinglkatan pengajaran sekolah. Sekolah kelas I diajarkan bahasa Belanda dengan harapan menjadi pegawai pemerintah, sedangkan kelas II dipersiapkan menjdi tenaga pengajar/guru.
d. Sistem pendidikan disusun berdasar lapisan sosial
- Sekolah desa anak rakyat jelata
- Sekolah kelas II anak yang telah mengenal kebudayaab barat
- Sekolah kelas I (HIS) bagi anak priyayi dan terkemuka
Dampak Pendidikan poltik etis:
(+) Mengenal lembaga pendidikan
Melahirkan tokoh nasioanlis, yang membawa perjuangan rakyat Indonesia. Mereka dari golongan elit pribumi.
(-) Adanya perbedaan kurikulum pada jenjang pendidikan
Adanya diskriminasi pendidikan yang melahirkan tenaga kasar bukan seorang pemikir, menjauhkan dari golongan intelektual.
Ciri-ciri Pendidikan Masa politik Etis
1.Pendidikan merata di seluruh desa, pendidikan dapat dirasakan seluruh masyrakat dari golongan tanpa membedakan.
2.Pendidikan mempunyai jenjang tertentu
Penyelenggaraan pendidikan adalah
Diadakan pada lembaga pendidikan formal. Pendidikan Informal(keluarga) untuk mengajarkan nilai berperan dalam kehidupan setiap harinya.Adapun lemabaga pendidikan formal, diantaranya:
1.Sekolah kelas Satu
2.Sekolah kelas Dua
3.Sekolah Desa
4.Europe Lagere School (ELS)
5.Holands Chinese School (HCS)
6.Holands Inlandse School (HIS)
7. Meer uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)
8. Hogere Burger School (HBS)
9. Algemene Middelbare School (AMS)
Adapun Sumbangan Terhadap Bangsa Indonesia:
*Mengenal adanya lembaga pendidikan
*Pemerataan pendidikan keseluruh desa
*Memberantas buta huruf
*Meningkatkan kesejateraan rakyat
*Mengenal pembagian dan jemjang pendidikan disekolah
*Berkembangnya sekolah swasta
*Mengenal kurikulum
10. PENDIDIKAN ZAMAN JEPANG
Isi Cerita:
Tujuan pendidikan pada masa pendudukan Jepang adalah menyediakan tenaga-tenaga buruh kasar secara Cuma-Cuma (Romusha) dan prajurit untuk membantu peperangan bagi kepentingan Jepang.Atau sering diistilahkan memaksa anak didik Indonesia untuk memiliki jiwa dan semangat sepenuhnya yang bisa mengabdikan diri pada Jepang dan siap untuk menjadi angkatan perang. Para pelajar diharuskan mengikuti latihan phisik dan latihan militer.Dengan semboyan Asia timur Raya atas dasar Kemakmuran Bersama (Common Prosperity) maka semangat Jepang (Nipon Seizin) dimaksudkan disekolah –sekolah. Semua yang ada hubungan dengan Pemerintah Belanda dihancurkan, diantaranya:
a.Pemakaian bahasa Belanda dilarang
b.Pemakaian bahasa Indonesia disemua tingkatansekolah diharuskan
c. Pelajaran bahasa Jepang diharuskan disekolah-sekolah
d. Adat-istiadat dan sejarah Jepang dianggap penting.
Lembaga pendidikan dikembangkan pada masa Pendudukan Jepang:
Sistem pendidikan Jepang terbuka lebar bagi semua golongan penduduk Indonesia, semua mendapat kesempatan sama.Adapun jenis sekolah pada masa pendudukan Jepang antara lain:
1. Sekolah rakyat, sekolah ini terbuka untuk umum dan semua golongan penduduk.Lama pendidikn 6 tahun
2. Sekolah Menengah Pertama (Shoto Chu Gakko), lama pendidikan 3 tahun.
3. Sekolah Menengah Tinggi, sekolah ini mempunyai pengajarn umum dan ditujukan untuk menyiapkan para pelajar guna melanjutkan pada sekolah tinggi.
4. Sekolah Kejuruan
Merupakan sekolah pertukangan dan sekolah Teknik Menengah. Pada zaman pendudukan Jepang didirikan Sekolah Pelayaran dan sekolah Pelayaran Tinggi di Cirebon.
5. Sekolah Guru
Terdapat 3 jenis sekolah, yaitu sekolah guru 2 tahun (Syoto Sihan Gakko), sekolah guru 4 tahun (Guto Suhan Gakko) dan sekolah Guru 6 tahun (Koto Sihan Gakko)
6. Perguruan Tinggi
Sekolah Kedokteran Tinggi (Ika Dai Gakko) di Jakarta dibuka kembali tahun1943.Sekolah Ahli Obat (Yaku Gakko) di Jakarta, dan sekolah
Kedokteran Gigi (Shika Gakko) di Surabya. Tahun 1944 dibuka Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan di Bogor,awal tahun 1945 dibuka kembali Akademi Pemerintahan.
Penyelenggaraan Pendidikan Masa Jepang adalah:
Digunakan untuk kepentingan perang dan untuk melibatkan hasil ekonomi Jepang murid-murid diahruskan membuat pupuk kompas atau ramai-ramai membasmi tikus disawah. Setiap hari murid harus mengucapkan sumpah pelajar dalam bahasa Jepang. Agar bahasa Jepang lebih popular , maka diadakan ujian bahasa Jepang.
Sumbangan Pendidikan Jepang di Indonesia:
a.Diskriminasi dihapus, agar semua lapisan masyarakat mendapat kesempatan sama. B.Bahasa Indonesia berkembang secara luas diseluruh wilayah Indonesia
c. Buku asing diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.
d.Timbul perasaan rindu dan kemerdikan nasional
e.Adanya pendidikan untuk SD 6 tahun, SLTP 3 Tahun, SMU 3 Tahun.
f. Adanya Upacara Bendera.
11. PERANAN WANITA DALAM LAPANGAN PENDIDIKAN
Isi Cerita:
Pada masa lampau adat istiadat berkuasa dalam masyarakat Indonesia termasuk dengan masalah pendidikan, terutama kaum wanita. Kaum wanita tidak diperkenankan menuntut pelajaran diluar rumah/pergi ke sekolah. Wanita waktu itu tidak boleh mempunyai kemauan sendiri. Masyarakat menganggap bahwa peran laki-lki lebih dominan dibandingkan dengan peran wanita, oleh karena itu wanita ditempatkan dalam posisi lebih rendah. Peran wanita diindektikan dengansemua kegiatan yang berada didalam rumah tanggga, seperti memasak, mengasuh anak, mengurus suami, supaya tercipta sebuah rumah tangga yang tentram dan harmonis, sedangkan peran laki-laki diluar rumah memiliki tugas mencari nafkah bagi keluarga. Pandangan tersebut dianggap suatu yang alamiah dan pada akhirnya wanita kurang memiliki kesempatan berperan aktif dalam kegiatan masyarakat.
Waktu memang sudah ada sekolah, tetapi muridnya hampir semua terdiri dari anak-laki-laki. Bagi anak perempuan pintu sekolah tertutup, hanya beberapa saja yang menuntut pengajaran, dalam kesehariannya wanita hanya membantu Ibu mengurus rumah tangga, tapi ketika remaja mereka dipingit.
Maka wanita Indonesia berusaha mengubah nasib agar lebih baik, mulai memperjuangkan nasib wanita Indonesia dengan berbagai cara, yaitu melalui pendidikan wanita. Para perintis wanita yaitu: R.A Kartini, Rd. Dewi Sartika, Rohana Kudus.
1. Pandangan, Usaha RA. Kartini:
*Pandangan RA. Kartini:
Pandangannya mengenai pentingnya pendidikan bagi usaHa memajukan bangsa, Ia sangat menghargai pendidikan terutama bai wanita dalam hal moral dan peletak dasar serta untuk pembentukan anak didik. Pendidikan harus dimulai sedini mungkindan dilakukan oleh Ibu. Tujuan pendidikannya sesuai dengan teori pengembangan kebudayaan Ki Hajar Dewantara dalam menghadapi kebudayaan asing.
*Usaha RA. Kartini:
Dalam memperjuangkan emansispasi wanita, Ia bercita-cita untuk menjadi Guru agar dapat mendidik wanita Indonesia dalam hal pendidikan, menganjurkan agar diberikan pendidikan modern, dengan cara; mengambil segi-segi pendidikan yang baik dari luar dan memadukan/mencampur yang baik dari Indonesia agar tercipta pendidikan lebih baik.Ia mendirikan Sekolah Gadis, materi yang diberikan; membaca, menulis, menjahit, merenda,memasak. Dalam perkembangan mulai muncul pendidikan kaum wanita di Pulau jawa, diantaranya: Sekolah Kepandaian Putri atau sekolah gadis di Batavia, Madiun, Semarang, Bogor, Malang, cirebon, Surabaya, Surakarta, Rembang.
2. Pandangan, Usaha Dewi Sartika:
*Pandangan Dewi Sartika:
Cita-citanya juga ingin mengangkat derajat kaum wanita Indonesi dengan jalan memajukan pendidikan dan Ia mulai menyebarakan ilmu pengetahuan kepada wanita terutama bagi para isteri, tujuan hidupnya menyumbangkan tenaga bagi kepentingan nusa dan Bangsa.
*Usaha Dewi Sartika:
Dewi Sartika dalam mewujudkan cita-citnya, Ia mendirikan “Sakola Isteri”. Pada awalnya jumlah murid sedikit, tapi makin lama makin bertambah banyak.Pelajaran yang diberikan adalah membaca, menulis, berhitung, kerajinan wanita.Kemudiaan berganti nama menjadi “Sakola Kautaman Istri” dan untuk memelihara dibentuklah “Yayasan Dewi Sartika”.
3. Pandangan, Usaha Rohana Kuddus:
*Pandangan Rohana Kuddus:
Rohana adalah seorang muslimah yang taat, seorang guru agama, guru kerajinan wanita serta wartawan wanita pertama di Indonesia. Ia mempelopori emansipasi wanita. Ia menghilangkan adat-istiadat kuno dan kolot, yang menghambat kemajuan wanita. Namun dalam usahanya mendapat fitnahan dari masyarakat sampai kemuka pengailan dengan tuduhan membuka berbagai tempat
Pendidikan bagi kaum wanita ia telah berlaku curang dan melanggar adat-istiadat lama, ia dituduh membawa wanita kelembah sesat. Dengasegala kejujuran semua tuduhan dan hinaan berubah menjadi pujian.
*Usaha Rohana Kuddus:
Pada tahun1896 dalam usia 12 tahun sudah mulai perjuangan dibidang pendidikan, Ia lebih dulu dibanding Kartini. Ia mengajar membaca,menulis huruf Arab,Latin pada teman sedesa.Ia.dapat mengajar membaca dan eulis dari pemerintah Belanda.Pada tahun 1905, Ia mendirikanSekolah Gadis di Kota gedang denganajaran kerajinan wanita, kemudiaan tahun 1911 memimpin suatu perkumpulan wanita Minangkabau dengan nama Kerajinan Amai Setia. Tanggal 10 Juli 1912, Ia menerbitkan surat kabar khusus wanita, dengan nama “Soenting Melajoe”. Rohana menjadi pemimpin redaksi dan mencapai kemajua dalam waktu singkat.
Peranan RA. Kartini, Dewi Sartika dan Rohana Kuddus:
Ingin memberikan kunci kemajuan pendidikan, pendidikansifatnya haru non dikriminatif tanpa membedakan jenis kelamin, agama, keturunan, kedudukan sosial.Pendidikn untuk rakyat harus bersiafat nasional meliputi pendidikan formal, pendidikan keluarga, pendidikan luar sekolah.Selain memberikan pengetahuan danketrampilan juga harus dapat mengutamakan pembentukan watak kepribadian anak, kemandirian, mendidik wanita agar tidak tergantung pada orang lain/suami.Memperhatikan kedudukan wanita saat itu secara khusus menyelenggarakan persekolahan bagi kaum wanita. Ia juga ingin adanya persamaan hak dengan kaum pria, seperti pendidikan dari tingkat bawah samapai setinggi-tingginya terbuka lebar bagi kaum wanita, baik juga di pekerjaan maupun kedudukan dalam lembaga kenegaraan, dan instansi.


12 PENDIDIKAN MUHAMMDIYAH
Isi cerita:
Organisasi Muhammdiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Yogyarta pada tanggal 8 julhijah 1330 atau 18 November 1912 yang dibantu oleh:
1. H. Sujak
2. H. Fachruddin
3. H. Tamim
4. H. Hisyam
5. H. Syarkawi
6. H. Abdulgani
Adapun faktor pendoronguntuk mendirikan Muhammdiyah, diantaranya:
1. Umat Islam tidak memegang teguh tuntunan Al-Quran dan Hadis atau Sunah
2. Kemiskinan menimpa rakyat Indonesia, sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah bertani dan buruh, sedangkan orang kaya mementingkan diri sendiri, sehingga lupa zakat untuk orang miskin
3. Kegagalan sebagian lembaga-lembaga menjadikan Islam dalam menghasilkan kader Islam tidak sesuai pekembangan zaman
4. Tidak ada pesatuan dan kesatuan antara umat Islam, akibat tidak tegak ukuwwah Islamiyah serta tiadanya organisasi Islam yang kuat.
5. Adanya tantangan dan sikap acuh tak acuh dikalangan intektual tehadap agama Islam.
Tujuan dan usaha berdirinya untuk memperluas dan mempertinggi agama Islam modern serta memperteguh keyakinan tentang agama Islam,sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dan mengusahakan pembaharuan dalam islam dengan pengabdian diberbagai bidang kehidupan, seperti dibidang pendidikan dan pengajaran, sosial, keagamaan, kewanitaan, kepemudaan dan politik.Sedangkan usahanya; ingin m endirikan sekolah di seluruh Indonesia dengan pengajaran agama Islam

, kurikulum modern, mendirikan rumah sakit yatimpiatu, rumah perkumpuln kepanduan.
Prinsip dan Dasar Pendidikan Muhammdiyah:
1. Prinsip Muhammdiyah:
a. Tauhid
b. Pencerahan Umat
c. Menggembirakan amal salih
d. Kerjasama untuk kebajikan
e. Tidak berpoltik praktis
2. Dasar Pendidikan Muhammdiyah:
a. Kemasyarakatan
b. Tajdid
c. Aktifitas
d. Kreativitas
e. Optimisme
Sistem pendidikan Muhammdiyah dengan menggunakan sistem pendidikan model barat, terutama pengetahuan umum dan memadukan ajaran Islam/pendidikan tradisional(pesantren).
Penyelenggaraan pendidikan Muhammdiyah dilakukan pada
*zaman Belanda: untuk membendung gerakan Misi dan Zending di Yogyakarta dan Jawa Tengah
*zaman Jepang: Banyak gedung sekolah/tempat umat Islam berkumpul dirampas oleh Jepang,karena maih digunakan sebagai markas.
*zaman kemerdekaan: Sangat menguntungkan, karena lebih bekembang, mempunyai bagian-bagian sebagai berikut: Madrasah Ibtidayah, Tsanawiyah, Diniyah, Mu’llimin, TK, SD, SMEP, SMEA, SMA, SMOA, SKKP, SKKA, IKIP, SPG, PGA, SGTK.
Hambatan yang dihadapi Pendidikan Muhammdiyah, diantaranya:
Guru pengajar yang tidak tetap, gedung sekolah Muhammdiyah di kota sempit, kurang tanah dan dana untuk membangugedung, latar belakangsosial Islam berbeda atu sama lain.
Usaha untuk mengatasi hambatan itu adalah melakukan pemurnian pendidikanMuhammmdiyah, menciptakan lingkungan pendidikanyang baik, diadakan latihan bidang keilmuan, mengembangkan sistem pondok pesantren.
Sumbangan Pendidikan Muhammdiyah, diantaranya bidang pendidikan(diarahkan masalah kehidupan setiap hari umat Islam), bidang agama(bimbingan dan penyuluhan agama dalam masalah bersifat pribadi), bidang sosial(mendirikan rumah sakit,poliklinik, rumah yatim piatu)
Pengabdian Muhammdiyah, diantaranya:
Bidang pendidikan, sosial, keagamaan, kewanitaan, kepemudaan, politik.
MENURUT PENDAPAT SAYA, HAL YANG PALING MENARIK adalah:
“ PERANAN WANITA DALAM LAPANGAN PENDIDIKAN”
Pada masa lampau peran wanita sangat terbatas, karena masih berpegang pada adat-istiadat yang masih membelenggu kehidupan.Kedudukan wanita dengan kaum pria sangat berbeda, peran laki-laki diluar rumah tangga memiliki tugas mencari nafkah bagi keluarga, sedangka peran wanita difokuskan pada semua kegiatan dilingkungan rumah tangga, seperti memasak, mengurus rumah tangga, mengauh anak.Pengajaran dijauhkan dari kaum wanita, macam ilmupun tidak boleh diterimanya.Apalagi kalau sudah menginjak masa remaja-dikawinkan-gadis tidak boleh keluar rumah. Dengan hal demikian itu, maka timbul usaha untuk mengubah kedudukan wanita Indonesia, nasib wanita sangat diperjuangkan ,agar mendapat perbaikan sepenuhnya. Pendidikan sebagai jalan paling baik, yaitu menjunjung wanita dari kesengsaraan dan penghinaan.
Tokoh wanita RA. Kartini, Dewi Sartika dan Rohana Kuddus, berperan dalam menjunjung harkat dan martabat wanita, agar sejajar dengan kaum pria dan juga memperjuangkan emansipasi wanita dengan mendirikan sekolah-sekolah.Pendidika diberikan pada semua orang tanpa membeda-bedkan , pendidika bersifat nasional dan memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk pembentukan kepribadian dan watak anak-anak. Yang bertujuan memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Bahan pengajaran seperti ; membaca, menulis, berhitung dan kerajinan wanita kaum wanita .
Tanpa perjuangan RA.Kartini, Dewi Sartika dan Rohana Kuddus, mungkin kedudukan wanita tidak akan berubah sampai sekarang ini. Masih tetap terbelenggu adat-istiadat yang kuno. Hasil dari perjuangan dapat kita rasakan sekarang ini, peran wanita sangat tebuka lebar dalam lembaga kenegaraan dan instansi-instansi. Hal ini tebukti ada tokoh wanita, sebagai pemimpin Negara Indonesia.
13 Pendidikan Mohamad Syafei
Mohamad Syafei adalah seeorang tokoh yang mengingiinkan kemajuan bagi bangsa Indonesia, Beliau berjuang keras agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai. Cita-cita dia yaitu ingin memajukan kesejahteraan rakyat dan melatih seseorang untuk hidup mandiri maka jalan yang ditempuh adalah dengan pendidikan. Usaha Beliau antara lain: mendirikan sekolah bagi masyarakat pribumi yang diberi nama INS. Beliau memadukan pendidikan model barat dengan model pendidikan daerah, pendapatnya mengenai pendidikan adalah bahwa seorang murid tidak hanya dibekali dengan Intelektual saja tapi juga dibekali keterampilan sehingga disekolah tesebut ada mata pelajaran keahlian(keterampilan). Hal ini diharapkan setelah lulus dari sekolah, siswa mempunyai modal untuk mencari lapangan pekerjaan. Jadi tidak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan saja tapi juga dibekali keterampilan. Model dan metode pendidikan Mohamad Syafei ada dua cara yaitu:
o Dengan cara individu
Siswa dilatih satu peersatu oleh guru yang mengajar
o Dengan sistem klasikal
Siswa dilatih oleh guru dalam kelas secara bersamaan
Sumbangan pendidikan Mohamad Syafei ini masih sangat terasa saat sekarang yaitu adanya sekolah yang bergerak dalam bidang keterampilan, seperti SMKK dan STM. Hal ini mrupakan sumbangan yang masih ada sampai sekarrang.

14. Sistem Pendidikan Nasional Menurut UU Nomor 2 tahun1989
a) Dasar dari pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional tahun 1989 adalah pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
b) Fungsi dari Sistem Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan martabat manusia Indonesia
c) Tujuan dari sistem pendidikan Naasional 1989 yyaitu mencerdaskan kehidupan dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
d) Penyelenggaraan pendidikan sekolah melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah dan yang melaksanaan pendidikan adalah pemerintahan dan swasta.
e) Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 1989 disusun untuk mewujudkan peserta didik dan kesesuaian dengan lingkungan, kebutuhann pembangunan nasional dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai denngan jenjang masing-masing satuan pendidikan.
f)
15. Sistem Pendidikan Nasional 2003

Karena pendidikan penting artinya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan hidup maka perlu suatu system ddalamnya, yyang mengatur tentang pendidikan agar pendidikan mengalami peningkatan termasuk system pendidikan di Indonesia karena dalam bidang pendidikan Indonesia mengalami ketinggalan dari Negara Asia dan Eropa.
Perbaikan pendidikan yang ditandai dengan dikeluarkan RUU SISDIKNAS 2003 pada kenyataannya belum seperti yang diharapkan karena mengandung beberapa keelemahan terutama pengindahan UUD1945 dan Pancasila serta tujuan pendidikan nasional yang berbunyi : mencerdaskaan kehidupan bangsa. Tujuan ini merupakan visi dasar dari tujuan pPendidikan Nasiional yang harrus digunakan dalam menyusun setiap UU Pendidikan .
Sebagian besar isi RUU SISDIKNAS 2003 yang menekankan pada muatan agama dan terlalu besar campur tangan pemerintah dalam pendidikan ssehingga masyarakat sedikit merupakan

Kamis, 29 Juli 2010

Relevansi Nato di Eropa pasca Perang Dingin

Gerakan glasnot, perestroika, dan demokratizatzia yang dilontarkan Michael Gorbachev ternya malah membawa dampak yang teramat buruk bagi keutuhan Uni Soviet. Setelah lebih dari 70 tahun komunis berkuasa di Uni Soviet, akhirnya Uni Soviet runtuh juga oleh gerakan pembaharuan yang dipelopori oleh Gorbachev.
Runtuhnya Uni Soviet yang bedampak terhadap kehancuran komunis ini ternyata membawa gelombang “DEMOKRATISASI” yang demikian gencarnya terhadap negara di kawasan Eropa Timur seperti Hongaria, Polandia, Albania, Rumania dan Bulgaria. Selain itu juga menyebabkan reunifikasi Jerman, pecahnya Federasi Ceko Slovakia menjadi Republik Ceko dan Republik Slovakia, serta kemerdekaan beberapa negara bekas pecahan dari Yugoslavia.
Federasi Yugoslavia dalam perjalanannya yang mengalami disintegrasi seakan menjadi suatu kekhasan bagi NATO, karena NATO mendapatkan semacam legitimasi untuk mencampuri urusan internal Yugoslavia yang justru mempercepat terjadinya proses disintegrasi di Yugoslavia.
Berawal dari munculnya Bosnia-Herzegovina yang mengalami terror dari pasukan Serbia, NATO memainkan peranan yang sangat penting dalam usaha mengatasi masalah tersebut baik dengan manuver patroli pesawat tempur, serangan udara, maupun lewat jalur diplomasi. Dalam banyak hal tersebut, Amerika Serilkat sebagai pemimpin NATO memainkan peranan yang sangat dominan.








I.LATAR BELAKANG
Keberadaan NATO tidak dapat dilepaskan dari penyelesaian peperangan tahun 1945. Penyelesaian tahun 1945 yang mengakhiri kekrasan Perang Dunia II dalam waktu yang sama menciptakan awal dari Perang Dingin. Amerika Serikat dan Sekutu yang berjuang bersama melawan fasisme kini mulai terlibat dalam pertikaian politikyang saling bersaing memperebutkan hegemoni dan pengaruh politik di Eropa, Asia, dan dunia seluruhnya.
Baik Amerika maupun Uni Soviet sangat gencar dalam usaha memperjuangkan hegemoni dalam tatanan politik global awal tahun 1950-an sampai runtuhnya komunisme Soviet tahun 1990-an. Dapat dipastiakn bahwa jika terjadi sengketa baik itu internal suatu negara atau antar negara dikawasan manapun atau belahan dunia manapun, bisa dipastikan bahwa masalah tak dapat lepas dari campur tangan Amerika Serikat ataupun Uni Soviet sebagai pendukung utama.
Resolusi konflik tahun 1945 membawa akibat pula bagi terbelahnya Eropa wilayah Barat dan Timur denagn batas pemisahnya adalah tembok Berlin terletak di kota Berlin yang dibangun oleh Pemerintah Jerman Timur tahun 1961. Pada saat penyelesaian perang tahun 1945 mulai dilaksanakan tanda-tanda Stalin dengan tentara bergerak ke Eropa Timur. Tentara Sekutu dibawah AS tidak berdaya mencegahnya , karena sibuk dengan gerakan di Eropa Barat dan Eropa Selatan. Negara di Eropa Timur berada dibawah pengaruh Uni Soviet dengan 2 cara yaitu tentara merah dan partai komunis local. Churchill kemudiaan mengungkapkan adanya tirai besi yang memisahkan Eropa Barat dan Eropa Timur. Pada masa itu, komunisme yang menguasai Soviet mulai melebarkan sayapnya ke negara Eropa Timur seperti Polandia, Jerman Timur, Hongaria, Yugoslavia, Ceko Slovakia. Eropa Timur mulai menjadi wilayah pengaruh uni Soviet sejak 1947.
Manuver-manuver yang dilakukan Uni Soviet tersebut sangat mengkhawatirkan Amerika Serikat dan Negara Eropa Barat, dan sebagai antisipasinya dibentuklah suatu pakta pertahanan bersama NATO (North Treaty Organisation ) atau Pakta Pertahanan Atlantik utara atas prakasa AS pada tahun 1947 di Brusell, Belgia. Selain Amerika Serikat, keanggotaan NATO di Eropa meliputi Kanada, Inggris, Jerman Barat, Belanda, Turki, Belgia, Irlandia, Italia, Luxemburg, Portugal, Norwegia, Denmark, Yunani. Tujuannya adalah menagkal ancaman agresi militer Uni Soviet di Eropa Barat dengan memadukan kekuatan konvensional serta memberikan perlindungan terhadap Eropa Barat dengan penangkal nuklir Amerika Serikat (Nuclear Umbrella).
Dengan pembentukan NATO ini, dimulailah babak baru atau era baru bagi tatanan politik regional Eropa yang penuh dengan ketidak pastian, perbutan hegemoni oleh Blok Barat melawan Blok timur, timbulnya pertentangan ideology, perlombaan senjata dan terancamnya perdamaian dan keamanan regional Eropa serta dunia, dan juga tumbuhnya image terhadap Perang Dunia III yang bisa meletus kapanpun yang berarti malapetaka dahsyat bagi umat manusia. Keadaan ini semakin diperparah dengan dibentuknya pakta Warsawa tahun1955, yang merupakan pakta pertahanan yang oleh Uni Soviet dan sekutu-sekutunya di Eropa Timur digunakan sebagai tandingan terhadap NATO.
Pembentukan kedua Pakta Pertahanan ini, semakin mengukuhkan rasa permusuhan anatara Amerika serikat dan Uni Soviet, yang senyatanya dapat dilihat dari kepemilikan persenjataan semakin hari semakin meningkat, baik kuantitas maupun kualitas, termasuk juga dari penggelaran pasukan milik NATO ataupun Pakta Warsawa di kawasan dimana mereka berhadapan langsung terutama wilayah Jerman.


II PERMASALAHAN

Timbulnya berbagai permasalahan dan gejolak politik yanga mengiringi keberadaan NATO pada akhirnya memunculkan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Masih relevankah keberadaan NATO di Eropa di bawah dominasi Amerika Serikat?
2. Apa saja Peranan Amerika Serikat dalam NATO?





BAB II
PEMBAHASAN

Perkembangan NATO Menuju Pakta Pertahanan yang Solid
Keberhasilan negara-negara Eropa Barat dalam merehabilitasi perekonomian yang porak poranda akibat Perang Dunia II dengan bantuan dan dukungan Marshal Plan yaitu bantuan dan dukungan program pembangunan oleh Amerika Serikat ternyata mengindikasikan semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi Eropa Barat. Pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat ini membawa konsekuensi kontribusi finansial yang besat terhadap NATO dan tidak disangkal lagi ini, merupakan suatu keunggulan yang tidak dimiliki oleh Eropa Timur yang masih saja sibuk dengan penyesuaian kepentingan ideologinya dengan Soviet, yang enggan berurusan dengan perhitungan ekonomi yang rumit.
Kontribusi finansial terhadap NATO ini, semakin menggiatkan ilmuwan dan ahli-ahli NATO untuk melakukan riset san eksperimen dalam peningkatan kualitas persenjataan dan logistik NATO . Hal ini menunjukkan kelebihan NATO yang tidak dimiliki oleh Pakta Warsawa, yaitu dalam anggaran operasionalnya .
NATO mempunyai beberapa mekanisme untuk menjalankan kegiatannya. Terbagi dalam dua tubuh besar yaitu struktur militer dan struktur politik yang masing-masing terbagi lagi dalam komisi khusus. Kedua struktur ini yang membahas dan mengevaluasi peristiwa-peristiwa, mengeluarkan pernyataan, membuat keputusan dan menerapkan tindakan-tindakan yang menjadi dasar rujukan bagi penentuan kebijakan NATO sangat tergantung dari persepsi masing-masing negara anggota, yaitu apakah peristiwa-peristiwa tersebut berdampak regional yang akan membawa pada suatu instabilitas kawasan ataukah tidak, dan mungkin berimbas pula pada terganggunya stabilitas internaional yang aman dan damai yang sampai sekarang masih belum terwujud.
Peningkatan jumlah persenjataan konvensional dan penggelaran rudal-rudal berhulu ledak nuklir dilakukan NATO sebagai implementasi dari kebijakan struktur militer dibenua Eropa, khususnya Jerman Barat.Berbagai persenjataan mengalami pemodernisasian oleh NATO. Hal ini didukung oleh penyebaran pasukan-pasukan NATO

yang terlatih ke berbagai wilayah-wilayah rawan konflik dan sengketa terutama di wilayah perbatasan ideology.
Peran Dominan Amerika Serikat dalam NATO
Kemunculan Amerika Serikat dalam kancah politik Internasional dapat dikatakan baru dimulai pada waktu PD I dan PD II. Didalam dua perang dunia tersebut ternyata Amerika Serikat mampu membuktikan dirinya sebagai kekuatan yang paling dominan.
Adanya berbagai perang besar di Eropa sesungguhnya membawa beberapa keuntungan bagi Amerika Serikat.Pertama, Amerika Serikat mendominasi berbagai persenjataan yang diperlukan untuk pertahanan dan keamanan negara-negara sekutunya dan bahkan Rusia.Kedua, Amerika Serikat memonopoli pasokan bahan pangan, sandang, modal, dan teknologi ke Eropa Barat yang porak poranda, akibat perang karena dalam dua perang tersebut AS sangat terlindungi dan posisi geografisnya sudah membebaskan dirinya dari ancaman serangan negara-negara poros.Faktor rasa aman dari kedua perang tersebut membuat produksi pertanian dan industri mengalami kemajuan yang sangat pesat dan menjadikan Amerika Serikat muncul sebagai negara adikuasa stelah PD II. Ketiga, Munculnya kekhawatiran Amerika Serikat bahwa Soviet akan menghegemoni negara Eropa Barat yang kacau setelah perang, dimana Uni Soviet semula adalah sekutu Amerika Serikat dalam menghadapi fasisme Jerman. Kondisi seperti ini, menjadikan suatu kesempatan bagi Amerika Serikat untuk menanamkan pengaruhnya dalam bidang politik dan keamanan yaitu dengan Security Intervention terhadap system pertahanan Eropa Barat yang terkontruksi dalam NATO tahun 1947 di Belgia.
Dapat dikatakanlah bahwa Amerika Serikat merupakan pencetus ide pembentukan NATO. Sebagai inspirator pembentukan NATO, Amerika Seikat memainkan suatu peran yang sangat dominan dan menguntungkan bagi posisi Amerika Serikat. Amerika Serikat dapat berperan sebagai kekuatan sentral yang sesungguhnya menguasai Eropa Barat secara simbolis yaitu melalui NATO. Terlebih lagi Amerika Serikat telah menginvestasikan dananya secara besar-besaran bagi pertahanan nuklir dikawasan Eropa Barat, yang terutama ditujukan untuk mengimbangi keunggulan Pakta Warsawa dalam persenjataan konvenional(non-nuklir). Peran dan pengaruh yang sangat dominan dari Amerika Serikat ini, juga dirasakan dalam setiap pengambilan keputusan dalam NATO.

Amerika Serikat mampu mendikte negara-negara anggota NATO, untuk menyesuaikan kepentingannya dengan kepentingan Amerika Serikat. Dengan sumber daya yang dimiliki dalam bidang militer, Amerika Serikat mamapu menjadikan NATO sebagai alat kontrol terhadap Eropa Barat dan melalui NATO pula Amerika Serikat secara simbolis, mendapatkan legitimasi untuk merealisasikan kepentingan politik.
Dalam berbagai kasus yang dengan sengaja, melibatkan anggota NATO, kita dapat melihat bagaimana Amerika Serikat mampu tampil sebagai inspirator dalam setiap pembuatan kebijakan dan sebagai motivator, dalam manuver militer NATO. Misalnya bahwa masalah Bosnia-Herzegovina. Dapat diselesaikan pada akhir tahun 1996, dengan melakukan perpaduan antara kekuatan militer NATO dengan penampilan diplomasi yang mendukung dari Richard Holbrooke. Dalam masalah pembersihan etnis Albania di Kosovo, Amerika Serikat mendikte negara NATO, untuk melakukan serangan udara dibawah komandonya terhadap posisi strategi Yugoslavia yaitu gudang-gudang senjata anti serangan udara, pangkalan militer, dan pusat-pusat logistik. Negara-negara anggota NATO ini, dalam krisis pembersihan etnis di Albania di Kosovo dari terror Yugoslavia, meskipun ketika itu kredibilitas Clinton sedang dipertanyakan karena terkait dengan skandal Monica Lewinsky.
Kasus terbaru yang memperlihatkan dominannya peran AS dalam NATO adalah kemampuan memobilisasi dukungan terhadap sikap AS memerangi terorisme menyusul peledakan gedung World Trade Centre dan Pentagon di AS.Amerika serikat mengatakan bahwa dukungan tehadap sikap antiterori memang sudah seharusnya sesuai pasal 5, yang mengatakan bahwa serangan terhadap salah satu anggota NATO berarti serangan tubuh NATO secara keseluruhan.
Peran dominan Amerika Serikat dalam tubuh NATO tersebut, ternyata mendatangakan ketidakpuasan negara NATO lainnya terutama Perancis yang merupakan mitra Amerika Serikat sebagai sesama anggota Dewan Keamanan PBB.Adapun alasan yang mendasari mengapa Amerika Serikat lebih berupaya menjadikan NATO sebagai alat untuk memperjuangkan kepentingan politik luar negeri di kawasan Eropa adalah kebutuhan akan aliansi yang memusatkan perhatian terhadap masalah-masalah militer

dan keamanan. NATO memiliki kekuatan dalam melakukan tekanan terhadap suatu negara dibandingkan dengan organisasi seperti Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).
Akibat dari adanya peran yang begitu dominan dan menetukan Amerika Serikat dalam tubuh NATO ini, adalah timbulnya suatu dilemma bagi negara Eropa Barat. Disatu pihak negara Eropa Barat, ingin memiliki system pertahanan keamanan yang tangguh dan kuat, namun dilain pihak keinginan ini membuat ketergantungan negara Eropa Barat terhadap Amerika Serikat melalui NATO semakin besar.
Dilema Negara-Negara Eropa Barat Terhadap NATO
Pembentukan NATO pada awalnya memang bertujuan untuk membendung bahaya komunisme dari Eropa Timur yang mengancam Eropa Barat. Tetapi dalam perkembangannya, NATO ini hanyalah merupakan sekedar alat politik Amerika Serikat untuk mengokohkan hegemoninya di Eropa Barat, bahkan menguasainya secara tidak langsung. Hal ini dibuktikan dengan semakin dominannya peran dan pengaruh Amerika Serikat dalam struktur militer dan politik NATO seperti telah kami uraikan sebelumnya.
Investasi besar-besaran Amerika Serikat dalam pertahanan nuklir Eropa Barat pada kennyataannya sangat memprihatinkan semua pihak terutama negara kawasan Eropa Barat. Mereka khawatir pertahanan Eropa Barat harus mengandalkan kekuatan nuklir untuk menghadapi serangan konvensional negara anggota Pakta Warsawa, sedangkan akibat yang ditimbulkan dari ledakan nuklir tersebut sangatlah dahsyat.
Hal ini menunjukkan kesewenang-wenangan Amerika Serikat untuk mengorbankan perang nuklir demi mempertahankan Eropa. Keadaan seperti ini, tentunya sangat merugikan bagi Eropa Barat, karena justru negara Eropa Barat-lah yang secara langsung merasakan dampaknya.
Dilema Eropa Barat terhadap keberadaan NATO, terutama ditunjukkan oleh adanya perselisihan pendapat yang cukup tajam antara Perancis dengan negara-negara anggota lainnya, dalam hal pengontrolan oleh Amerika Serikat dan Inggris terhdap kemampuan nulkir NATO. Pada bulan Maret 1966, Perancis memutuskan untuk menarik seluruh personel militernya dari komando gabungan dan meminta pemindhan komando-komando NATO dari wilayah Perancis serta menolak penggunaan bersama atas prasarana gabungan yang dilangsungkan di wilayahnya. Argumen yang mendasari Perancis untuk menarik keanggotaannya dari NATO adalah karena NATO terlalu jauh mencampuri
urusan dalam negeri Perancis terutama yang berkaitan dengan system pertahanan nuklirnya.
Masuknya Uni Jerman ke dalam NATO pada tahun 1990, dipandang sebagai suatu dilema bagi negara Eropa Barat yang lain. Di satu pihak masuknya Uni Jerman ke dalam NATO, dapat memudahkan untuk mengawasi agar tidakmelakuan invasi terhadap negara-negara tetangga, seperti ketika Hitler berkuasa. Dilain pihak masuknya Uni Jerman ini, diharapkan mampu berfungsi sebagai pengimbang Amerika Serikat yang berperan sangat dominan.
Di sisi lain, meskipun Pakta Warsawa telah dibubarkan dan komunisme telah runtuh, NATO masih tetap bertahan. Bahkan NATO berencana untuk memperluas keanggotaannya meliputi negara-negara bekas anggota Pakta Warsawa di Eropa Timur serta republik-republik bekas negara bagian Uni Soviet di kawsan Baltik. Rencana ini, tentu saja mendapat kecaman keras dari Rusia, selain juga sikap pro dan kontra terhadap perluasan ini dari dunia Internasional.
Dukungan terhadap perluasan berasal dari mereka yang inginmendorong pembaharuan dan demokrasi di Eropa Timur. Dukungan juga muncul sebagai akibat kekhawatiran bagi bangkitnya nasionalisme Rusia serta memandang bahwa gagasan memperluas keanggotaan NATO, merupakan suatu cara untuk mempertahankan aliansi dan struktur militer NATO yang unik. Sementara keberatan terhadap perluasan keanggotaan NATO berasal dari anggapan bahwa menambah jumlah anggota NATO akan melemahkan pertahanan aliansi, membebani anggaran militer yang semakin menipis, serta resiko kebocoran informasi yang sensitive.
Secara umum, berbagai dilemma negara-negara di kawasan Eropa Barat terhadap keberadaan NATO, lebih disebabkan oleh adanya trauma sejarah. Masyarakat Eropa Barat sangat mengkhawatirkan terulangnya kembali malapetaka Perang Dunia yang menyengsarakan semua pihak.
Keberadaan NATO Pasca Perang Dingin
Selama berlangsungnya Perang Dingin, dapatlah dikatakan bahwa NATO mempunyai andil yang cukup besar untuk mewujudkan rasa aman dan damai bagi kebanyakan orang di Eropa Barat, meskipun NATO dikatakan pula terlalu sering

mencampuri urusan dalam negeri negara-negara anggotanya . Keberadaan NATO sendiri selama Perang Dingin sangat dibutuhkan negara-Eropa Barat untuk membendung dan mengantisipasi agresi militer Uni Soviet dan negara-negara Eropa Timur yang tergabung dalam Pakta Warsawa.
Perang Dingin berakhir dengan runtuhnya Uni Soviet. Anggota-anggota Pakta Warsawa sendiri sudah menyakini bahwa dengan bubarnya Uni Soviet, maka keberadaan Pakta Warsawa tidak perlu dipertahankan lagi. Dengan dibubarnya Pakta Warsawa yang merupakan pesaing NATO di wilayah Eropa, maka NATO harus mengkaji kembali relevansi keberadaannya dan mencari peran-peran baru agar para anggotanya tetap merasakan manfaat dari keanggotaan dalam aliansi ini.
Munculnya berbagai konflik, di semenanjung Balkan seperti konflik Bosnia-Herzegovina dan pembersihan etnis Albania di Kosovo ternyata menunjukkan bahwa keberadaan NATO, tetap diperlukan untuk menciptakan tatanan politik kawasan Eropa yang aman dan damai. Meskipun demikian, kadar ketegangan di Balkan jauh lebih berkurang dibanding ketika masih berdirinya Pakta Warsawa selama Perang Dingin.
Selain dengan itu, opini umum di Eropa Barat memperlihatkan arti ancaman militer yang berkurang dan meningkatnya keprihatinan terhadap masalah-masalah lain seperti ekologi dan kesejahteraan social.
Memperbaharui aliansi NATO berarti melewati tiga dimensi. Pertama, berkaitan dengan fungsi pencegahan tradisional. Suatu kekhawatiran yang masih tersisa mengenai kekuatan militer Rusia dan bekas sekutunya tetap penting bagi banyak pemimpin politik Eropa. Kedua, pembaharuan aliansi NATO menyerukan untuk memperkuat kerjasama pertahanan di eropa. Ketiga, aliansi NATO dapat diperbaharui dengan memperluas urusan permasalahan diluar militer.







BAB III
KESIMPULAN

NATO merupakan suatu aliansi pertahanan dan militer yang dibentuk atas prakarsa dan didukung sepenuhnya oleh Amerika Serikat untuk membendung dan mengantisipasi ancaman komunisme dan agresi milter dari Uni Soviet dan negara-negara dikawasan Eropa timur selama berlangsungnya Perang Dingin.
Runtuhnya Uni Soviet pada awal 1990-an, dengan sendirinya mengakhiri Perang Dingin. Keruntuhan Uni Soviet tersebut, disusul dengan pembubaran Pakta Warsawa karena diangggap sudah tidak berguna. Namun efek pembubaran Pakta Warsawa tidak mempengaruhi keberadaan NATO. Kebanyakan masyarakat Eropa ternyata masih lebih memilih untuk mepertahankan keanggotaan negaranya dalam NATO, disebabkan kekhawatiran akan kebangkitan nasionalisme Rusia, Nazisme Jerman, dan Fasisme Italia dan berbagai permasalahan yang kemudiaan timbul di Eropa. Sebagai contoh adalah etnis Bosnia-Herzegovina dan Albania.
Akan tetapi, meskipun kebutuhan akan keamanan di wilayah Eropa dapat terjaga dengan keberadaan NATO, para anggotanya tetap tidak bisa melepaskan diri dari dominasi pengaruh Amerika Serikat yang seringkali bertentangan dengan kepentingan masing-masing anggota NATO.












DAFTAR PUSTAKA

Arsi Dwinugra Firdausy. Motivasi Hongaria Masa Pemerintahan Koalisi Konservatif Untuk Bergabung Dengan NATO.Skripsi S-1. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. , Fisipol. UGM. Yogyakarta. 1998.
DW Bowett. Hukum Organisasi Internasional. Sinar Grafika. Jakarta. 1992
Joseph S Nye Jr. Memimpin Dunia: Sifat Kekuatan Amerika Yang Berubah. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. 1992.
Papp, Daniel S. Contemporary International Relations: Framework For Understanding , Macmillan Co. New York.1988.
Pierre, Andew J. Nuclear Weapons in Europe. Council on Foreign Relations Inc. New York. 1984
Teuku May Rudy. Teori, Etika, dan Kebijakan Hubungan Internasional.Angkasa. Bandung.1993.
Walter S Jones . Logika Hubungan Internasional : Persepsi Nasional.Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.1992.
Walter S Jones. Logika Hubungan Internasional: Kekuasaan, Ekonomi-Politik Internasional, dan Tatanan Dunia 2. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.1993.

Peranan masyarakat desa di JawaTengah dalam perjuangan kemerdekaan tahun 1945 –1949 Daerah Kendal dan Salatiga

Metode pendekatan yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan pendekatan histories, karena pendekatan ini mampu mengungkapkan korelasi dan pola perkembangan suatu fenomena yang terjadi. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode kepustakaan dan metode penelitian sejarah lisan. Dan menekankan analisis tentang peranaan masyarakat desa di jawa tengah dalam perjuangan kemerdekaan dari tahun 1945-1949.
Dalam melakukan penelitian mengenai peranan masyarakat desa dalam perjuangan kemerdekaan, maka penulis menggunakan konsep sosiologi dalam konsep ini menerangkan tentang peranan social dan perubahan social dalam masyarakat untuk memperjuangkan kemerdekaan pada tahun 1945-1949 terutama di daerah Salatiga dan Kendal propinsi Jawa Tengah. dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan beberapa sumber antara lain:
I. Sumber primer yaitu berupa Arsip yang terdiri dari laporan resmi dan surat keputusan Pemerintah Salatiga dan Kendal.
II. Bahan dokumenter yang sejaman yaitu berupa Koran, pendapat dan pikiran yang berkaitan dengan peristiwa yang diteliti.
III. Sumber sekunder yang berupa karya ilmiah para sarjana serta sumber pustaka yang sangat penting bagi penelitian ini.
Tujuan dari penulis yaitu : menceritakan tentang peranan masyarakat dalam perjuangan kemerdekaan pada tahun 1945-1949 di daerah Salatiga dan Kendal di Pronpinsi Jawa Tengah yang merupakan peristiwa yang terjadi ditingkat lokal dan dalam peristiwa itu cukup menarik dan penting dikaji adalah :
a) Penelitian mengenai perjuangan masyarakat untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara dan membina persatuan dan kesatuan bangsa.
b) Mengungkapkan peristiwa lokal pada masa lampau dan dapat dipergunakan untuk memperluas perspektif sejarah dan perkembangan sejarah mikro sendiri. Di samping itu dapat dipergunakan untuk mempertajam analisis dalam memahami peristiwa perjuangan kemerdekaan di daerah Salatiga dan Kendal.
c) Menelaah tindakan–tindakan besar dari rakyat kecil(penduduk desa), serta dapat memahami arus dasar yang berkecamuk dalam sejarah yaitu pergolakan atau revolusi sosial di masyarakat kecil maupun masyarakat menengah yang tinggal bersama-sama.
Disini penulis menekankan penulisan tentang peranan masyarakat desa di Jawa Tengah dalam perjuangan kemerdekaan tahun 1945-1949 daerah Salatiga dan Kendal dengan menggunakan corak penulisan Deskriptif –Analitis.
Isi dari buku yang mengenai Peranan masyarakat desa di Jawa Tengah dalam perjuangan kemerdekaan tahun 1945-1949 daerah Kendal dan Salatiga yaitu:
Mengenai perjuangan kemerdekaan didaerah jawa tengah sangat dipengaruhi oleh kondisi masyarakat setempat yang sangat bervariasi antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, begitu pula keadan alam juga menentukan kondisi ekonomi pada masyarakat yang ingin memperjuangkan kemerdekaan didaerah Kendal dan Salatiga itu sangat dipengaruhi oleh kebutuhan logistik. Meskipun juga terdapat beberapa daerah yang tidak subur di Jawa Tengah tapi terdapat mekanisme akumulasi dan ditribusi pangan, baik didaerah pertempuran maupun untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari, bahkan hasil pertanian tidak hanya disumbangkan untuk kepentingan perjuangan, tapi juga dijual secara gelap ke daerah pendudukan. Berbagai kelompok sosial ikut membantu perjuangan dan mensuplai bahan logistik dalam hal ini tampak bahwa betapa kuatnya sistem gotong royong masyarakat untuk mencapai perjuangan kemerdekaan pada tahun 1945-1949 didaerah Salatiga dan Kendal pronpinsi Jawa Tengah.
Perubahan sosial politik yang adakalanya bersifat radikal, dalam perjuangan kemerdekaan terdapat krisis sosial politik dan konflik antar golongan, sebagai akibat dari Revolusi Indonesia yang ingin bebas dari penjajahan Belanda yang dilakukan oleh masyarakat Kendal dan Salatiga dalam memperjuangkan kemerdekaan pada tahun 1945-1949. Pada perubahan sosial sangat membutuhkan masyarakat dalam membantu perjuangan kemerdekaan pada tahun 1945-1949 di daerah Salatiga dan Kendal, dan juga masyarakat Jawa tengah sangat memerlukan seorang pemimpin uuntuk memimpin perjuang kemerdekaan didaerah jawa tengah. Peranan pemimpin sangat dibutuhkan sebagai komunikasi dengan para pejuang dan sebagai pengatur strategi perang kemerdekaan didaerah jawa tengah.
Pada masa perang kemerdekaan para pejuang melihat kondisi geografis Pronpinsi Jawa tengah untuk menghadapi musuh (Belanda dan Jepang) yang menduduki daeraah Jawa Tengah terutama daerah Salatiga dan Kendal, supaya pejuang dan masyarakat bisa megusir dan mempertahankan daerah jawa tengah dari pendudukan Jepang dan Belanda terutama daerah Salatiga dan Kendal.

Pendapat saya yaitu mengenai peranan masyarakat desa sangat penting dalam memperjuangkan kemerdekaan didaerah Salaatiga dan Kendal pada tahun 1945-1949 yaittu membantu bahan pangan dan bahan logistic yng sangat dibutuhkan oleh para pejuang, dan juga diantara masyarakat jawa tengah ada yang rela sebagai sukarelawan untuk membantu memata-matai musuh (Belanda dan Jepang) dan mengambil persejataan musuh, supaya para pejuang bisa mengetahuui jumlahh pasukan musuh dan mengatur strategi perang dalam mengusir pasukan musuh (Belanda dan Jepang) didaerah Jawa Tengah. Serta masyarakat desa teruatama daerah Salatiga daan Kendal sangat membantu para pejuang dalam mengusir penjajahan dari propinnsi Jawa Tengah.

Latar Belakang PD I dan II

Perang Dunia I dan II
Perang Dunia I
*Latar Belakang PD I

- Persaingan daerah pemasaran dan sumber bahan baku
- muncul persekutuan antarnegara Eropa:
~Tripple Entente[Perancis, Inggris, Russia]
`Tripple Alliance[Jerman, Italia, Turki]
- Terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand oleh seorang nasionalis Serbia

* Dalam PD I, Jerman mengalami kekalahan dan harus menandatangani perjanjian Versailes,
28 Juni 1919.
Akibat: dipersempitnya wilayah pihak Sentral [Jerman, Austria, Hongaria, Turki, Bulgaria]

*Tokoh-tokoh PD I

Tokoh yang menandatangani perjanjian Versailes:
- Woodrow Wilson [AS]-->mengajukan 14 pasal perdamaian [Wilson's Fourteen Points]
- Clemencau [Prc]
- Loyd George [UK]

* Akibat perang:

- Lahir negara-negara baru
- muncul faham diktatorisme, fasisme, komunisme.
- dibentuk LBB(sekarang PBB atau United Nation)

Perang Dunia II
*Latar Belakang PD II:

- Benito Mussolini di Italia mempelopori gerakan fasvio de combatimento,
dengan cita-cita membentuk Italia Raya
- Adolf Hitler, Jerman. Membentuk NAZI
- Tenno Meiji, Jepang. Fasis Militer.

*Jalannya perang:

- 1937, Italia menduduki Abessynia dan Jerman menyerang Polandia, 1 Sept 1939.
- Desember 1941, Jepang membom Pearl Harbour.
- Prc, UK membantu Polandia menghadapi Jerman.
- AS terlibat menghadapi aliansi Jerman, Italia, Jepang, setelah Pearl Harbour di bom

*Akhir Perang:

- Sekutu mendaratkan pasukan di PAntai Normandia, 6 Juni 1944
- Jerman menyerah pada Sekutu, Mei 1955
- Tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh AS.
- 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu

*Tanggal 17 Juli-2 Agustus 1945-->Konfrensi Postdam, utk mengakhiri perang:

Isi:

1. Jerman dibagi jadi Jerman Barat dan Jerman Timur
2. Jerman harus membayar pampasan perang
3. Angkatan perang Jerman dikurangi
4. Partai NAZI dihapus
5. Penjahat perang akan dihukum

* 8 September 1951-->Perjanjian San Francisco

Isi:

1. Jepang diperintah oleh tentara pendudukan AS
2. Jepang membayar pampasan perang
3. Daerah yang dikuasai Jepang dikembalikan ke pemiliknya
4. Penjahat perang akan dihukum