Rabu, 21 April 2010

Penjelajahan Samudra

Faktor yang mendorong penjelajahan samudra:
1. Terpengaruh oleh ajaran Copernicus bahwa bumi itu bulat
2. Tertarik dengan kisah perjalanan Marcopolo ke dunia Timur yang dikatakan dalam buku "Imago Mundi" (Anggapan /keajaiban dunia)
3. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti penemuan kompas, navigasi, mesin, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran
4. Terdorong mewujudkan semangat GOLD, GLORY, dan GOSPEL yang artinya mencari kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen.
5. Jatuhnya Konstantinopel yang menjadi pusat perdagangan di laut Tengah ke tangan Turki Usmani.
6. Semangat Reqounquesta (balas dendam ) yang dimiliki oleh bangsa Eropa akibat kekalahan dalam perang salib.

TOKOH-TOKOH PENJELAJAH DUNIA
1. Dari Portugis
a. Bartholomeus Diaz
Pelopor penjelajahan dari Portugis. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai ujung selatan benua Afrika pada tahun 1486 M. Daerah yang ditemukan itu kemudian dinamakan tanjung Topan/Tanjung Harapan.
b. Alfonso D'Albuquerque
Tokoh yang sangat berperan dalam merebut kota Malaka.
c. Vasco De gama
Ia bertolak dari Lisabon menempuh perjalanan berputar ke arah barat daya menuju Brasil. Dari sini ia melanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Afrika Selatan, dilanjutkan ke arah timur hingga mencapai Calicut. Vasco De Gama kemudian mendirikan kantor dagang di Goa

2. Dari Spanyol
a. Christopher Columbus
Penemu benua Amerika, berhasil mencapai San Salvador di Kepulauan Bahama (perairan Karibia).
b. Ferdinand Magelhaens
Ferdinand ditemani kapten Juan Sebastian Del Cano dan seorang sastrawan Italia, Pigafetta. Rombongan Ferdinand Magelhaens dianggap sebagai ekspedisi yang pertama mengelilingi dunia. Dua lautan luas diarunginya, yaitu samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

3. Dari Belanda
Rombongan Belanda berhasil mencapai Indonesia di bawah pimpinan oleh Cornelis De Houtman. Mereka mendarat di pelabuhan Banten.

5 komentar: