Sabtu, 04 Juli 2009

Akar terbentuknya budaya instan

Salah satu akar permasalahan terbentuknya budaya instan adalah masyarakat semakin menilai pentingnya penampilan luarnya daripada karakter individunya.

Masing-masing individu dan kelompok mencari tempatnya dalam sebuah tatanan social(baudilard,1981). Bukan hanya untuk menemukan kebutuhan individunya tapi menghubungkan individu dengan ketertatanan social.

Penampilan menarik hanya menciptakan makna, hal tersebut berarti memasukkan hubungan social serta memasukan dirinya kedalam tatanan social secara umum dan mengontrol relasi social.
Dalam ungkapan Chaney (1996) penampakan luar menjadi salah satu situs yang penting dalam gaya hidup.

Akar permasalahan lainnya yaitu pengasuhan dari orang tua yang sangat kurang dalam memberikan dasar keterampilan pada anak-anak masa sekarang terkhusus anak-anak muda yang sedang bersekolah maupun kuliah apalagi yang berkerja di usia muda supaya bisa mengendalikan diri dan emosinya

Selain itu ada permasalah lainnya dalam terbentuknya budaya instan yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya sehingga anak didik kurang terkontrol dan tidak adanya motivasi dari anak didik untuk melanjutkan skolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi di masa sekarang di karenakan biaya pendidikan yang lebih mahal.

Simak saja perbedaan cara pengasuhan anak jepang dengan anak Indonesia begitu pula dengan pendidikan anak jepang dengan Indonesia, dimana anak-anak jepang cenderung dibiasakan dari kecil untuk mengatasi masalah atau kesulitan sendiri dan juga anak-anak jepang sudah punya keterampilan dari masa kanak-kanak, semntara anak di Indonesia slalu di sediakan asisten untuk mengatasi kesulitannya dan kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan anaknya sehingga tidak adanya keterampilan dari masa kanak-kanak.

Ada pepatah bilang ; apabila anda hanya di satu kota saja maka anda kurang berkembang dan minim pengalaman dan keterampilan beda dengan orang yang keluar dari kotanya justru lebih berkembang dan banyak pengalamannya begitu juga dengan keterampilan( ibarat belalang di dalam kotak dengan belalang yang berada diluar kotak dimana lompatan belalang diluar kotak lebih jauh ke depan di banding lompatan belalang yang hanya berdiri saja di da lam kotak.

Kalau anda tak dapat lagi berubah
Artinya jaman anda telah lewat
Nb: buatlah diri anda mengadakan perubahan di segala bidang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar